Cara Stek Zaitun

Assalamu'alaikum.

Kali ini kami akan mengulas mengenai perbanyakan bibit pohon zaitun dengan cara stek. Cara ini dinilai paling efektif dari pada cara cangkok karena dalam waktu relatif singkat jumlah bibit yang didapat jumlahnya lebih besar dan kebutuhan indukan lebih sedikit.




Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah :
  1. Pisau dan gunting tajam
  2. Floral Foam tipe basah
  3. Perangsang akar
  4. B1 dan Atonik
  5. Bibit yang sehat
  6. Media tanam
  7. Pot
  8. Plastik untuk sungkup
  9. Semprotan air
Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan floral foam. Ini digunakan untuk menacapkan bakal stek. Potong dengan ukuran 1cm x 1cm x 1cm atau 1,5cm x 1,5cm x 1,5cm. Gunakan pisau yg tajam agar hasil potongan bisa presisi. Floral foam ini bisa dicari di toko pertanian atau di toko karangan bunga. Pilih yg tipe basah agar bisa menyerap air dan menjaga kelembaban batang tempat tumbuh akar.

Langkah kedua adalah pemilihan bakal stek. Potong ranting zaitun lalu potong kecil-kecil sepanjang 6-10cm atau 2-3 pasang daun. lalu potong daun nya setengah untuk mengurangi penguapan.

Stelah ranting zaitun dipotong kecil-kecil celupkan atau olesi ujung bawah batang dengan ZPT atau perangsang akar lalu angin-angkinkan sebentar. ZPTnya bisa beli produk pabrikan atau kalau mau yg murah dan mudah bisa pakai bawang merah. Bawang merah ditumbuk atau diblender lalu cairannya yang digunakan untuk perangsang akar

Setelah diberi perangsang akar, tancapkan ranting zaitun pada potongan floral foam. Tancapkan ditengah bagian.


Siapkan larutan B1 1 tutup dan Atonik 1/4 tutup, campur dengan stengah liter air bersih. Celupkan ranting zaitun dalam larutan tersebut selama 10-15 menit.

Siapkan media tanam. Saya biasanya pakai campuran sekam bakar, pupuk kandang/kompos dan pasir. Aduk merata lalu masukkan dalam pot.

Masukkan dan tata ranting zaitun ke dalam pot secara hati-hati lalu semprot dengan B1 dengan dosis 2ml per liter air bersih


Tutup pot dengan plastik bening, ikat lalu letakkan ditempat teduh. Ini bertujuan untuk menjaga kelembaban media dan suhu di dalam plastik. Bagian tengah pot bisa ditambah bambu atau kayu untuk menjaga posisi plastik agar tidak turun. Biasanya umur 1 bulan akar sudah mulai tumbuh dan bisa dipindah ke pot tersendiri.

Selamat mencoba...
Wassalamu'alaikum.

Sumber: ANDAMAN GARDEN

No comments:

Post a Comment