Mengenal buah Tin / Ara / Fig

Ficus carica adalah spesies tanaman berbunga dalam genus Ficus, dari keluarga Moraceae, yang dikenal sebagai Ara, di Indonesia Ficus carica dikenal dengan nama “TIN”, nama tersebut diambil dari bahasa Arab (at-tin), sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig, figue (Prancis), feige (Jerman), higo (Spanyol), fico (Italia), figu (Austria), figo (Portugis), dan di China disebut “Wú Huā Guǒ.

Pohon tin masih termasuk kerabat pohon beringin. Pohon tin dapat bertumbuh besar dan dapat tumbuh tinggi mencapai ketinggian 6,9 sampai 10 meter (23 - 33 kaki), dengan batang lunak berwarna abu-abu halus kecoklatan, memiliki getah lateks mengandung susu berlebihan atau susu getah (latisifer) yang menyebabkan iritasi pada kulit manusia.

Pohon tin dapat tumbuh di dataran mediteranian, di tempat yang beriklim tropis maupun di belahan bumi yang memiliki empat musim. Pada setiap iklim memiliki varietas masing-masing yang cocok untuk ditanam. Misalnya saja di iklim tropis seperti Indonesia, tidak semua varietas cocok untuk ditanam. Beberapa varietas tin yang sangat cocok di indonesia, bisa tumbuh subur dan berbuah secara produktif ; Brown Turki, Green Yordania, Purple Yordania, Panachee, Conadria, Red Israel, dll.

No comments:

Post a Comment